Saturday, February 25, 2017

Menjalankan crontab untuk menjadwalkan perintah di linux

Menjalankan crontab untuk menjadwalkan perintah di linux - Assalammualaikum Wr Wb, hai sobat catatan rizky, kembali lagi dengan saya pada artikel saya kali ini yang berjudul "Menjalankan crontab untuk menjadwalkan perintah di linux" , apa sih crontab itu? nah disini saya akan mengulasnya, oke langsung sajalah

Pengertian
Cron adalah suatu software utility yang ada pada system mirip unix yang di gunakan untuk menjalankan perintah sesuai dengan yang telah di jadwalkan

Latar Belakang
Susahnya untuk mengatur waktu untuk mengurusi suatu server terlebih lagi jika listrik yang di gunakan untuk sumber daya server mati-hidup, perintah cron ini sangat membantu kita untuk menjalankan suatu perintah yang telah kita jadwalkan

Maksud dan Tujuan
Dapat menjalankan perintah cron untuk menjadwalkan perintah tertentu di linux atau system yang mirip unix

Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • OS Linux
Jangka Waktu Pengerjaan
Dapat di kerjakan kurang lebih 2 - 10 menit

Tahap Pengerjaan
Pertama masuk dengan user yang akan di daftarkan perintahnya untuk kita cronjob

lalu ketikan perintah crontab -e untuk mengedit file untuk kita cronjob
$ crontab - e
nanti akan muncul seperti di bawah ini, disini kita di suruh untuk memilih text editor, disini saya memilih editor nano


nah nanti akan muncul seperti di bawah ini


kemudian tambahkan text seperti di bawah ini
$ 12 12 * * * /sbin/reboot
Pengertian
┌───────────── menit (0 - 59)
│ ┌───────────── jam (0-23)
│ │ ┌───────────── hari bulan (1 - 31)
│ │ │ ┌───────────── bulan (1 - 12)
│ │ │ │ ┌───────────── hari dalam seminggu (0-6) (Minggu sampai Sabtu;
│ │ │ │ │ 7 juga Minggu)
│ │ │ │ │
│ │ │ │ │
*  *  *  * *      Perintah untuk mengeksekusi
untuk punya saya kali ini berarti mesin saya akan mengeksekusi perintah /sbin/reboot pada setiap jam 12:12


kemudian simpan dan keluar



nah tinggal tunggu apakah crontabnya sudah berhasil apa belum, bagaimana mudahkan?
Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Cron

Nah mungkin itu saja yang dapat saya bagikan pada artikel saya kali ini "Menjalankan crontab untuk menjadwalkan perintah di linux" semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung

Wasslammualaikum Wr Wb


EmoticonEmoticon