Monday, February 27, 2017

Cara menjalankan perintah linux dengan php

Cara menjalankan perintah linux dengan php - Assalamulaikum Wr Wb, hai sobat catatan rizky!, kembali lagi dengan saya pada artikel kali ini yang berjudul "Cara menjalankan perintah linux dengan php" pernah gak si terbanyang di benak kita bisa menjalankan suatu perintah di linux dengan php/melalui peramban web ?, nah disini saya akan membagikan sedikit tips tentang hal tersebut, ok langsung saja..

Pengertian
Apa itu PHP ? PHP atau Hypertext Preprocessor adalah suatu bahasa pemrograman yang dapat di gunakan untuk membangun web dinamis dan dapat untuk membuat suatu fungsi tertentu.

Latar Belakang
Semakin berkembangnya jaman maka semakin mudah juga kita dalam melakukan suatu hal, contohnya adalah dengan kita menjalankan perintah linux dengan menggunakan peramban web yang di dukung oleh php, dengan begitu kita akan lebih mudah untuk menjalankan perintah tertentu di linux, atau bisa juga untuk konfigurasi service tertentu

Maksud dan Tujuan
Dapat menjalankan perintah linux menggunakan php, dan juga bisa memahaminya

Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • OS Linux
  • Web Server + PHP
  • Web Browser
  • Text Editor
Jangka Waktu Pengerjaan
Dapat di kerjakan kurang lebih 3 - 15 menit

Tahap Pengerjaan
Pertama buat file berektensi *.php di direktori /var/www/html , agar bisa di akses melalui web, disini saya menggunakan perintah linux untuk membuatnya
# touch /var/www/html/catatan.php

kemudian kita edit dengan text editor agar lebih mudah disini saya menggunakan sublime-text

 # subl /var/www/html/catatan.php
 

kemudian akan nampak seperti di bawah ini


nah lalu isi sesuai dengan keinginan, pada kode saya kali ini berfungsi untuk menampilkan list file-file di /var/www/html
<?php 

$isi=shell_exec("ls -l");
echo "<pre>";
echo $isi;
echo "</pre>";
?>


Penjelasan :
$isi = adalah variable yang saya gunakan untuk menyimpan data hasil dari perintah linux yang saya jalankan

shell_exec = adalah suatu fungsi dari php untuk menjalankan perintah linux, bisa juga di ganti dengan 'system='

echo $isi = mengeprintkan isi dari variable $isi
tag 'pre' = untuk merapikan hasil dari penampilan isi variable yang di printkan

nah coba kita akses, nanti akan muncul tampilan seperti berikut ini


nah sudah berhasil, bagaimana mudah kan?

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/PHP

nah mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan pada artikel yang berjudul  'Cara menjalankan perintah linux dengan php', semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat semua. Terimakasih sudah berkunjung

Wassalammualaikum Wr Wb


EmoticonEmoticon