Wednesday, January 11, 2017

Pengertian Router, Mikrotik dan Fitur-fitur mikrotik

Catatan Rizky - Hai sobat, ketemu lagi nih dengan saya di Catatan Rizky kali ini saya akan membahas apa sih router, apa sih Mikrotik dan fitur apa sih yang ada di mikrotik, ok langsung saja.



Apa sih Router itu? Router adalah suatu perangkat jaringan yang bekerja di OSI Layer ke tiga yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih yang berbeda segmen.

Jadi misalkan kita mempunyai 2 lab komputer yang masing-masing lab mempunyai jumlah PC yang berbeda, misalkan Lab-A mempunyai 5 komputer dan Lab-B mempunyai 10 komputer dan kedua Lab itu akan di jadikan suatu jaringan lokal(tidak terkoneksi internet) maka di butuhkan router jika kedua lab menggunakan subnet yang sesuai.

Apa sih Mikrotik Itu? Mikrotik adalah suatu perusahaan yang bergelut di bidang jaringan lebih tepatnya router baik itu software(RouterOs) mapun hardware(RouterBoard).
Mikrotik mempunyai sistem penamaan perangkat RouterBoard yang cukup unik, misalnya :
RB951 dimana :
9 adalah Seri/kelas Router
5 adalah jumlah Port Ethernet
1 adalah jumlah slot Wirelessnya

Sedangkan biasanya ada kode tertentu di belakangnya :

U     : dilengkapi port USB
A     : Advanced, biasanya diatas lisensi level 4
H     : Hight Performance, processor lebih tinggi
R     : dilengkapi wireless card embedded.
G     : dilengkapi port ethernet Gigabit
2nD : dual channel

Fitur - fitur Mikrotik :
Mikrotik mempunyai banyak fitur dan mikrotik juga dapat menjalankan service yang biasanya di sediakan oleh server namun dalam skala kecil, berikut adalah fitur fitur pada mikrotik pada umumnya

-Static Routing
-Dynamic Routing(RIP, OSPF, BGP)
-Ethernet
-Tunnel
-EoIP
-DNS
-FTP
-DHCP
-Hotspot
-PPP
-Firewall
-WDS
-NTP


Referensi
Ebook Materi Mikrotik MTCNA-05-2012
dan masih banyak lagi, gimana sudah agak mengerti? OK mungkin cukup sekian artikel tentang  Pengertian Router, Mikrotik dan Fitur-fitur mikrotik semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon