Tuesday, March 14, 2017

Menjalankan Perintah SQL Tanpa Prompt Mysql di Command Line

Menjalankan Perintah SQL Tanpa Prompt Mysql di Command Line - Assalammualaikum Wr Wb hai sobat catatan rizky kembali lagi dengan saya pada artikel saya kali ini yang berjudul "Menjalankan Perintah SQL Tanpa Prompt Mysql di Command Line " nah biasanya sobat mau menjalankan perintah SQL di command line harus masuk dan melalui prompt mysql nah disini menjadi kendala jika kita ingin membuat suatu program yang membutuhkan perintah sql, nah lebih lengkapnya simak baik baik artikel saya kali ini


Pengertian
SQL(Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

Latar Belakang
Pembuatan program yang membutuhkan perintah sql di dalamnya, menjadi kendala jika harus masuk ke prompt mysql terlebih dahulu

Maksud dan Tujuan
Dapat menjalankan perintah SQL tanpa harus masuk ke prompt mysql

Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • OS Linux
  • Database Server(Mysql/MariaDB)
Jangka Waktu Pengerjaan
Dapat di kerjakan kurang dari 3 menit

Tahap Pengerjaan
Pertama pastikan sobat sudah ada database servernya baik itu mysql ataupunb mariadb, nah pertama saya disini akan menjalankan query sql yaitu menampilkan database yang ada di database server saya
# mysql -u root -p"password" -e "perintah sql;"

nah nanti akan muncul  nama-nama databasenya


 nah jika ingin menjalankan beberapa perintah sekaligus bisa memisahkan perintah satu dengan yang satunya dengan ";" (titik koma) disini saya mencontohkan dengan perintah insert dengan dua perintah

# mysql -u root -p"password" -e "[perintah 1] ; [perintah 2] ;"

nah lalu saya coba untuk menampilkan isi dari tabel yang sudah saya insert data


nah datanya sudah masuk, untuk perintah yang lebih dari 2 tinggal tambah ";" per akhir perintah


Nah itu adalah sedikit info tentang  'Menjalankan Perintah SQL Tanpa Prompt Mysql di Command Line' semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Referensi
https://www.cyberciti.biz/faq/run-sql-query-directly-on-the-command-line/


EmoticonEmoticon