Monday, March 13, 2017

Membatasi Waktu Expired dan Mengenkripsi Suatu Perintah Bash

Membatasi Waktu Expired suatu perintah bash - Assalammualaikum Wr Wb kembali lagi dengan saya pada artikel saya kali ini yang berjudul 'Membatasi Waktu Expired suatu perintah bash', nah pernahkah kalian berfikir bahwa suatu command di linux bisa expired ? iya expired layaknya makanan, nah disini saya akan membagikan sedikit cara bagaimana membuat command atau perintah di linux bisa expired, simak baik-baik artikel saya ini


Pengertian
Command: dalam dunia komputer command merujuk ke program komputer yang bertindak sebagai penerjemah dari sesuatu, dalam rangka untuk menjalanakan tugas tertentu

Latar Belakang
Kebutuhan jika membuat program yang hanya dapat berjalan pada waktu tertentu, atau membuat program yang mengharuskan si pengguna memperpanjangnya

Maksud dan Tujuan
Dapat membatasi waktu expired suatu program atau perintah di linux

Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • OS Linux
  • Program SHC

Jangka Waktu Pengerjaan
Dapat di kerjakan kurang dari 2 menit

Tahap Pengerjaan

Pertama pastikan program shcnya sudah terinstall kemudian siapka file program / perintah untuk di enkripsi dan di batasi masa berlakunya, nah kemudian jalankan perintah berikut

# shc -e [tanggal expired] -m "Pesan saat program telah expired" -f [nama file]

nah setelah itu nanti akan muncul 2 file yang berekstensi *.x dan *.x.c dan yang bisa di eksekusi adalah yang berekstensi *.x , kemudian kita beri permission agar perintah tersebut bisa di eksekusi,
# chmod +x [nama file]


kemudian kita coba jalankan perintahnya, disini saya sengaja program yang saya buat sudah expired untuk mengetes apakah berhasil
# ./[namafile]


nah nanti akan muncul pesan yang sudah di beri saat pengenkripsi dan membatis perintah tersebut, nah bagaimana sobat ? mudah bukan?

Referensi
http://www.linuxsecurity.com/content/view/117920/171/


EmoticonEmoticon