Thursday, March 9, 2017

Program Auto Installer CMS Desaku

Program Auto Installer CMS Desaku - Assalammualaikum Wr Wb hai sobat Catatan Rizky kembali lagi dengan saya pada artikel saya kali ini yang berjudul "Program Auto Installer CMS Desaku" nah pernahkah sobat memasang suatu CMS di web server? biasanya harus di melakukan beberapa langkah yang panjang, nah disini saya mencoba membuat suatu program auto installer untuk menginstall CMS DesaKu milik Mas Yogi dan Mas Bima dari  Mejayan, nah untuk lebih lengkapnya sobat bisa simak artikel saya kali ini, dan bisa memahami code-code yang saya tuliskan di program saya, karena program saya ini bersifat open atau terbuka


Pengertian
AICD(Auto Installer Cms Desaku) adalah suatu program open source yang saya kembangkan untuk memudahkan dalam hal installasi suatu CMS sehingga dapat mempercepat pekerjaan, dengan di tuliskan menggunakan bahasa pemrograman bash, dan bisa berjalan pada sistem operasi debian dan turunannya, AICD ini rilis pada tanggal 14 Maret 2017.

Latar Belakang
Terlalu panjang proses yang harus di lakukan saat menginstall suatu CMS sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang, maka dari itu saya berniat untuk meringkas proses-proses tersebut kedalam suatu program yang saya buat ini sehingga dapat menghemat waktu

Maksud dan Tujuan
Dapat menginstall CMS DesaKu dengan menggunakan progaram AICD yang saya buat ini, dan dapat mengembangkannya

Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • OS Linux Debian atau turunannya
  • Program AICD
Jangka Waktu Pengerjaan
Dapat di kerjakan kurang dari 8 menit

Tahap Pengerjaan
Pertama download dulu program AICDnya di sini
kemudian extract terlebih dahulu file AICD-0.1-BETA.tar.gz


nah lalu masuk ke direktori AICD


Kemudian jalankan programnya dengan cara ". aicd.sh"
Jangan menjalankannya dengan "./" dan harus dengan user root


lalu tunggu sebentar hingga loading selesai


kemudian akan ada dialog untuk memasukan password database untuk user root


nah lalu akan muncul dialog lagi dimana sobat akan di suruh memasukan nama database untuk cmsnya


nah tunggu hingga proses pengimport'an database yang baru 


kemudian akan muncul dialog lagi dimana sobat di suruh untuk memasukan username untuk login ke admin panel cms DesaKu


nah lalu akan ada dialog lagi untuk memasukan password untuk login admin


nah jika sudah sampai sini berarti sudah terinstall cmsnya


kemudian akses cmsnya lewat browser karena saya di localhost maka saya mengetikan urlnya : http://localhost/DesaKu


nah inilah tampilan dari cms desaku milik mas Yogi dan mas Bima  bagus bukan?


nah bagaimana sobat mudah bukan? di harapkan disini jika ada kesalahan atau bug tertentu sobat bisa melaporkannya ke saya untuk pembenahan kembali program tersebut, atau sobat bisa mengembangkannya sendiri


EmoticonEmoticon